Sunday, April 24, 2011

Born With Identity

Project   : Gedung Serba Guna
Location : Palembang
Architect : Issac Rabin

"wong kito galo" dalam bahasa indonesia berarti "orang kita semua" secara arti khususnya adalah "inilah kita" ....kata ini menjadi sebuah media untuk menunjukan jati diri dan mengungkapkan rasa cinta dan bangganya menjadi "wong pelembang" atau orang palembang....


seperti judulnya "born with identity" rancangan ini lahir dengan identitas....dimana konsep ini didasari agar nilai-nilai lokal sangat kental terlihat tetapi tetap beradaptasi dengan jamannya..hal ini membuktikan bahwa sikap arsitektur modern tidak selalu egois mengkesampingkan sejarah dan lokalitas.






keanggunan baju adat palembang menjadi sebuah inspirasi untuk mengekspresikan rancangan, dengan bentuk atap segitiga kemudian bertumpuk dua menjadi refleksi bentuk mahkota yang terkesan monumental. massa bangunan dirancang untuk menopang konsep mahkota dari atap, bentuk massa yang dirancang dominan menghasilkan persepsi dari konsep yang perancang maksud. motif kain songket juga menjadi sebuah faktor pendukung untuk mengangkat identitas dari rancangan ini, motif kain songket ini ditransformasikan menjadi frame canopy yang dapat menghasilkan silhoutte dari motif kain songket di tangga entrance pada siang hari.


"venice of the east" adalah julukan yang diberikan oleh Peter J.M. Nas seorang profesor dari universitas Leiden, Belanda...julukan ini didasari karena palembang adalah kota air seperti venezia transportasi utamanya adalah gondola / perahu.






                                              

0 comments:

Post a Comment